Rabu, 22 April 2015

Menghilangkan Objek Yang Tidak Diinginkan Dengan Lightroom

Salah satu aplikasi untuk editing foto adalah adobe lightroom. Saya sendiri lebih sering menggunakan lightroom untuk editing foto saya. Terkadang saat memotret karena keterbatasan lokasi saat pengambilan foto atau karena kita kurang teliti, ada objek yang tidak kita inginkan ada dalam foto dan tentu mengurangi keindahan foto tersebut. Tulisan saya kali ini akan mengulas bagaimana menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto menggunakan lightroom.


Langsung saja kita mulai, saya menggunakan lightroom 5 untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan.


Berikut ini merupakan perbandingan foto sebelum dan sesudah editing. Pada foto sebelum editing, pada bagian sebelah kanan foto ada terpal yang mengganggu, dan akan saya hilangkan supaya foto menjadi lebih mempunyai nilai estetika. 





Buka foto yang akan diolah menggunakan lightroom. Foto yang saya gunakan sebagai contoh, saya ambil menggunakan kamera DSLR dalam format RAW. Gambar dengan lingkaran warna merah merupakan objek yang akan kita hilangkan.




Klik menu spot removal, ada pada menu sebelah kanan dan sesuaikan ukuran brush.




Brush pada objek yang akan dihilangkan hingga tertutup warna putih. 




Akan ada clone, dan geser clone tersebut untuk menutupi objek yang akan dihilangkan.




Lakukan langkah serupa pada bagian lain.



Juga pada bayangan yang ada di permukaan air.




Dan setelah proses editing lainnya baik itu kontras, highlights, saturasi, vibrance, dll, hasil akhirnya menjadi seperti di bawah ini.




Sekian tadi trik tentang bagaimana menghilangkan objek yang tidak diinginkan menggunakan lightroom. Cukup mudah yaa.. selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


Sampai jumpa lagi





1 komentar: